A. VISI
     Menjadi bagian dari Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan yang Bertaraf Internasional serta berlandaskan Iman dan Taqwa.

B. MISI

  1. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia serta membentuk pribadi yang unggul.
  2. Meningkatkan mutu layanan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang inovatif serta kompetitif di bidang Administrasi Perkantoran.
  4. Mengembangkan sarana prasarana serta mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan institusi pasangan/instansi terkait dalam rangka mengembangkan iklim pembelajaran berbasis produksi.

C. Tujuan umum
     Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang administrasi perkantoran.

D. Tujuan khusus
     Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
  5. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
  6. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.

E. Kompetensi kejuruan yang harus dikuasai siswa Administrasi Perkantoran

  1. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak.
  2. Mengoperasikan aplikasi presentasi.
  3. Mengelola peralatan  kantor.
  4. Melakukan prosedur administrasi
  5. Menangani penggadaan dokumen
  6. Menangani surat/dokumen kantor
  7. Mengelola system kearsipan.
  8. Membuat dokumen.
  9. Memproses perjalanan bisnis.
  10. Mengelola perteman/rapat.
  11. Mengelola dana kas kecil.
  12. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  13. Mengelola data/informasi di tempat kerja.
  14. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja.

F. Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK

BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN

PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI

PAKET KEAHLIAN PILIHAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

 

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

Kelompok A (Wajib)

 

 

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4

4

4

Matematika

4

4

4

4

4

4

5

Sejarah Indonesia

2

2

2

2

2

2

6

Bahasa Inggris

2

2

2

2

2

2

Kelompok B (Wajib)

 

 

 

 

 

 

7

Seni Budaya

2

2

2

2

2

2

8

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

2

2

2

9

Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan 

3

3

3

3

3

3

Kelompok C (Peminatan Administrasi Perkantoran)

 

 

 

 

 

 

C1 Dasar Bidang Kejuruan

 

 

 

 

 

 

10

Pengantar Ekonomi dan Bisnis

2

2

2

2

-

-

11

Pengantar Administrasi Perkantoran

2

2

2

2

-

-

12

Pengantar Akuntansi

2

2

2

2

-

-

C2 Dasar Kompetensi  Kejuruan

 

 

 

 

 

 

14

Otomatisasi Perkantoran

6

6

-

-

-

-

15

Korespondensi

5

5

-

-

-

-

16

Kearsipan

4

4

-

-

-

-

17

Simulasi Digital

3

3

-

-

-

-

C3 Kompetensi Kejuruan

 

 

 

 

 

 

 

Paket Keahlian : Administrasi Perkantoran

 

 

 

 

 

 

18

Adminisrasi Kepegawaian

 

 

5

5

6

6

19

Administrasi Keuangan

 

 

4

4

5

5

20

Administrasi sarana dan prasarana

 

 

4

4

6

6

21

Administrasi Humas dan keprotokolan

 

 

5

5

7

7

TOTAL

48

48

48

48

48

48

 

 G. Guru Pengajar Paket Keahlian Administrasi Perkantoran

 

Dra. Pakit Hercandawati Drs. Haryanto Drs. Haryono
Dra. Uni Indriastuti Dra. RA. Soelistijowati Dra. Nurwaningsih
 
Tuti Turyani, S.Pd Sri Narniningsih, S.Pd  

 

F. Kegiatan Siswa

Praktik Menerima Telephone Kegiatan Uji Praktek Keahlian (UPK)  
  Praktek Merias Diri  
  Praktek Table Manner di Hotel Berbintang  

 

G. Prestasi Siswa Tingkat Kabupaten Klaten

   
  Juara I LKS Kab. Klaten Th.2013  
     
     
     
     

 

H. Prestasi Siswa Tingkat Provinsi Jawa Tengah

   
  Juara II LKS Provinsi Jawa Tengah Th.2013  
     
     
     
     

 

Sportbook sites http://gbetting.co.uk/sport with register bonuses.