Paket Keahlian Multimedia merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari tentang kompetensi siswa di bidang multimedia. Multimedia merupakan kombinasi teks, gambar, animasi, seni, dilengkapi audio video yang di komunikasikan atau disampaikan baik melalui komputer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain.

A. Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Mengembangkan citra dan animasi digital.
  2. Mengembangkan halaman (web) interaktif.
  3. Merekam dan menyunting audio-video.
  4. Mengembangkan aplikasi multimedia interaktif.
  5. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  • Merakit personal komputer
  • Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  • Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)
  • Memahami etimologi multimedia
  • Memahami alir proses produksi produk multimedia
  • Merawat peralatan multimedia
  • Mengelola isi halaman web
  • Menerapkan teknik pengambilan gambar  produksi
  • Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
  • Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  • Menguasai cara menggambar lean-up dan sisip
  • Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
  • Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
  • Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
  • Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
  • Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia
  • Membuat story board aplikasi multimedia
  • Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
  • Menerapkan efek khusus pada objek produksi
  • Menyusun proposal penawaran.

B. Kegiatan Pembelajaran
Untuk mempersiapkan peserta didik agar siap memasuki dunia kerja/ dunia profesi maka kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara dual system yaitu pembelajaran di sekolah dan di Dunia Kerja (DU/DI relevan).  Pembelajaran dilakukan berbasis kompetensi (Kompetency Base Training) dan basis produksi (Production Base Training) dalam bentuk teori, praktek, serta proyek.

Produk-produk aplikasi multimedia seperti Grafis, Animasi, Video, Audio serta Web senantiasa diperlukan dalam berbagai bidang kebutuhan masyarakat. Misalnya dunia bisnis, hiburan (entertaiment), sosial, pemerintahan maupun bidang-bidang yang lain.

“Pekerjaan bidang Multimedia menuntut adanya kreatifitas dan inovasi tinggi.  Maka agar dapat tetap eksis, setiap pelaku kerja (praktisi) dan siswa multimedia (calon praktisi) dituntut untuk memiliki karakter-karakter penunjang yang dibutuhkan.  Diantaranya adalah disiplin kerja keras, mandiri, bersemangat, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab.

C. Struktur Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA (TKI)

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

Kelompok A (Wajib)

           

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4

4

4

Matematika

4

4

4

4

4

4

5

Sejarah Indonesia

2

2

2

2

2

2

6

Bahasa Inggris

2

2

2

2

2

2

Kelompok B (Wajib)

           

7

Seni Budaya

2

2

2

2

2

2

8

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

2

2

2

9

Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan

3

3

3

3

3

3

Kelompok C (Peminatan)

           

C1.  Dasar Bidang Keahlian

10

Fisika

2

2

2

2

-

-

11

Pemrograman Dasar

2

2

2

2

-

-

12

Sistem Komputer

2

2

2

2

-

-

C2.  Dasar Program Keahlian

13

Perakitan Komputer

4

4

-

-

-

-

14

Simulasi Digital

3

3

-

-

-

-

15

Sistem Operasi

3

3

-

-

-

-

16

Jaringan Dasar

4

4

-

-

-

-

17

Pemrograman Web

4

4

-

-

-

-

C3.  Paket Keahlian

18

Paket Keahlian Multimedia

-

-

-

-

-

-

 

1. Desain Multimedia

-

-

2

2

 

-

 

2. Pengolahan Citra Digital

-

-

4

4

4

-

 

3. Teknik Animasi 2 Dimensi

-

-

4

4

   
 

4. Teknik Animasi 3 Dimensi

-

-

4

4

   
 

5. Komposisi Foto Digital

-

-

4

4

4

-

 

6. Teknik Pengambilan Gambar Bergerak

-

 

-

-

4

4

 

7. Teknik Pengolahan Audio

-

-

-

-

4

-

 

8. Teknik Pengolahan Video

-

-

-

-

4

4

 

9. Desain Mutimedia Interaktif

-

-

-

-

4

4

 

10. Kerja Proyek

-

-

-

-

-

12

       

18

18

24

24

 

TOTAL

48

48

48

48

48

48

 

D. Guru Pengajar Paket Keahlian Multimedia

 

M. Choiri, S.Pd, M.Pd Deni Retno Yuniati, S. Si Agustina Endah S, S.Kom
     
Taufik Hidayat, S.ST Rendy, S.Si  
     
     
     
     

 

Sportbook sites http://gbetting.co.uk/sport with register bonuses.